Kamis

Rimbawan di Zaman Modern


Rimbawan sadar Zaman !!!
Perkembangan teknologi telepon selular (handphone) saat ini sudah berkembang sangat maju serta semakin murah. Saat ini Handphone (HP) bukan hanya dapat digunakan untuk alat komunikasi berbicara atau Short Message Service (SMS) saja, tetapi dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaaan kita sehari-hari, termasuk yang oleh para rimbawan.

Beberapa program aplikasi Android pada HP yang tersedia untuk membantu pekerjaan rimbawan antara lain : program untuk mengukur tinggi pohon, mengukur diameter pohon kecil, mengukur kemiringan lahan, mengukur ketinggian di atas permukaan laut, kompas dengan tampilan transparan tembus pandang, pemetaan dengan GPS, prakiraan hujan untuk wilayah kecamatan selama 15 hari ke depan, dll yang dapat di download pada HP. Meskipun tidak 100% akurat hasil pengukurannya, tetapi program-program tersebut dapat membantu di lapangan secara cepat perkiraan atau kisaran dan dapat divalidasi akurasinya.
Program-program tersebut ada yang dapat diperoleh dengan cara men-downloadnya pada HP dengan sistem operasi android secara gratis melalui Play Store. Download sebaiknya dilakukan melalui sinyal wi-fi yang sudah banyak tersedia di kantor maupun tempat publik seperti di pusat-pusat perbelanjaan sehingga tidak mengurangi pulsa ataupun paket internet.
Harga HP android saat ini juga sudah banyak yang terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah termasuk sudah dilengkapi dengan fasilitas GPS dan internet. Harga HP android telah ada yang di bawah Rp 1 juta/unit, selain itu harga paket internet juga sudah terjangkau karena sudah tersedia dengan harga kurang dari Rp 850/hari. Program aplikasi pada HP android juga dapat diaplikasikan pada tablet bersistem operasi android.
Beberapa program aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis pada HP atau tablet bersistem operasi android untuk membantu pekerjaan di bidang pengelolaan hutan antara lain :

1.   Smart Measure (mengukur ketinggian pohon dan jarak antar pohon).

Program ini dapat digunakan seperti Christen Meter atau Haga Meter untuk mengukur tinggi pohon dan jarak HP ke pohon. Prinsip kerjanya hampir sama dengan prinsip trigonometri. Ketinggian HP pada saat melakukan pengukuran harus tentukan terlebih dahulu sebagai patokan awal. Sebagai contoh tinggi mata kita + 1,5 m dari permukaan tanah dapat dijadikan patokan ketinggian HP. Selanjutnya HP diarahkan ke pangkal batang sehingga nilai jarak tubuh kita (pengukur) ke pohon akan muncul pada HP, selanjutnya simbol berlambang pohon disentuh dan HP diarahkan ke ujung pohon sehingga nilai tinggi pohon akan muncul pada HP.
Jarak antara HP dengan pohon sebaiknya mendekati dengan tinggi pohon yang akan diukur untuk memperkecil kesalahan pengukuran karena perubahan tinggi alat ukur (HP). Kalau tinggi pohon yang diukur 10 m, maka jarak ke pohon sebaiknya mendekati 10 m juga. Program ini dapat digunakan tanpa fasiltas GPS ataupun sinyal internet.

2.   Smart Compass (membidik arah tanpa visir)

Prograrn ini dapat digunakan pada membidik arah utara-barat-timur-selatan pada saat membuat petak ukur (PU) penilaian tanaman atau perisalahan hutan secara lebih mudah karena tidak memerlukan visir yang biasa sekarang dilakukan karena sudah memanfaatkan kamera pada HP sebagai pengganti alat visir. Sudut titik ikat juga lebih mudah diukur dengan menggunakan program ini dibandingkan dengan visir kompas konvensional. Program ini dapat digunakan tanpa fasiltas GPS ataupun sinyal internet.

3.   Manggis (mengukur diameter pohon kecil)

Program ini dapat digunakan untuk memperkirakan diameter pohon yang ukurannya kurang dari 10 cm, seperti pada saat umur pohon kurang dari 3 tahun. Pengguna dapat mernilih “measure with screen” selanjutnya “rneasure in centimeter“ terakhir menggerakkan “tanda panah” sesuai dengan ukuran diameter pohon yang akan diukur dan nilai diameter dalam cm akan muncul pada HP. Program ini dapat digunakan tanpa fasiltas GPS ataupun sinyal internet.

4.   Tcounter (untuk menghitung bibit di persemaian)

Program ini dapat digunakan seperti handy counter atau tasbih untuk memudahkan perhitungan jumlah bibit dalam bedeng di persemaian ataupun jumlah pohon dalam Petak Ukur (PU) atau Petak Coba Penjarangan (PCP). Program ini dapat digunakan tanpa fasilitas GPS ataupun sinyal internet.

5.   RealCalc Scientific Calculator (menghitung volume pohon berdasarkan rumus)

Program ini memunculkan fungsi log, cos, sin, tan, X2, dan Yx dimana symbol yang terakhir berguna untuk menghitung volume pohon dengan rumus yang telah ada pada setiap tabel volume tegakan local (TVL). Program ini dapat digunakan tanpa fasiltas GPS ataupun sinyal internet.

6.   Accu Weather (melihat peluang turunnya hujan selama seminggu)

Program ini merupakan program cuaca dimana kita dapat rnelihat peluang hujan pada suatu tempat. Informasi ini berguna untuk memperkirakan efektifitas penanaman dan penebangan. Kelebihan dari program ini adalah dapat memperoleh data prakiraan cuaca sampai ke kecamatan. Kita dapat juga menggunakan program “info BMKG’, tetapi hanya tersedia data peluang turunnya hujan pada 1 hari sementara pada Accu weather daya yang tersedia sarnpai dengan 15 hari. Selain peluang hujan, tersedia juga perkiraan kelembaban udara, kecepatan angin, arah angin tekanan udara, suhu maksimum dan suhu minimum. Program ini memerlukan fasiltas internet.

7.   GPS Status (menentukan Koordinat dan DPL)

Program ini dapat digunakan pada menentukan titik koordinat lokasi yang diinginkan dan ketinggian lokasi dari permukaan laut (DPL). Selain program GPS Status dapat juga digunakan program GPS Test yang cara pengoperasiannya relatif lebih cepat, namun sedikit lebih sulit dibandingkan GPS status. Pada Program GPS Test perlu menyentuh “gambar peta” untuk memunculkan data koordinat dan menyentuh angka “0″ untuk memunculkan angka DPL. Pembacaan koordinat sebaiknya dilakukan apabila semua (ke-4) kuadran sudah mendeteksi sinyal sehingga ketepatannya lebih tinggi. Ketepatan (accuracy) dapat mencapai 6 m (lebih kecil, lebih baik). Titik koordinat saat ini juga ada yang diperlukan oleh pihak pengadilan untuk menentukan lokasi kejadian perkara. Program ini memerlukan fasiltas GPS.

8.   Geo Cam free (foto yang memunculkan data titik koordinat)

Program ini merupakan kamera yang dilengkapi dengan data koordinat lokasi yang akan kita ambil gambamya. Data koordinat langsung muncul pada foto. Program ini memerlukan fasiltas GPS.

9. King of Slope (mengukur DPL- kemiringan/heling, beda tinggi dan jarak tempuh)

Program ini dapat digunakan untuk mengetahui ketinggian lokasi dari permukaan laut (DPL) dengan menyentuh tombol “strart”. Selanjutnya HP digerakkan pada area yang akan kita ukur kemiringannya, secara otomatis beda tinggi dalam meter, kemiringan dan jarak yang ditempuh akan muncul pada HP. Program ini memerlukan fasilitas GPS dan sinyal intemet. Pengukuran kemiringan dapat juga menggunakan program Smart Protactor yang menggunakan prinsip busur derajat berbandul. HP cukup diletakkan pada bidang miring yang akan diukur dan angka kemiringan akan muncul dengan satuan derajat. Program ini dapat digunakan tanpa fasiltas GPS ataupun sinyal internet.

10. GPS Area Measure (mengukur jarak sudut dan luas areal)

Program ini dapat digunakan untuk mengukur jarak sudut dan luas areal dengan dasar foto satelit. Jarak dapat diukur dengan menyentuh simbol garis dan menghubungkan titik-titik yang akan diukur jaraknya (menyentuh lingkaran sehingga ada titik merah untuk menentukan titik awal dan menggeser layar untuk memindahkan lingkaran pada titik yang diinginkan), jarak muncul pada HP dalam satuan meter, atau satuan jarak lainnya. Sudut dapat diukur dengan menyentuh simbol segi tiga dan menghubungkan titik-titik yang akan diukur sudutnya, sudut muncul pada HP dalam satuan derajat. Luas dapat diukur dengan menyentuh symbol segi empat dan menghubungkan titik-titik atau batas lahan atau area hutan yang akan diukur luasnya, luas muncul pada HP dalam satuan m2, ha, acre, km2, dll. Program ini memerlukan fasiltas GPS dan sinyal internet.

11. Google Earth, KMLZ to earth explorer, dan GPS-2 google earth dan (melihat batas petak pada foto satelit dan menentukan posisi kita pada petak kerja).

Program Google Earth dapat digunakan untuk melihat batas peta kerja Perum Perhutani yang langsung dioverlaykan pada foto satelit sehingga kita dapat melihat kondisi petak kerja dengan lebih jelas secara menyeluruh serta dapat menginventarisir lokasi tegakan yang kosong, tumbuh baik, dll. Program ini selain dapat di-download pada computer, juga dapat di-download pada HP. File peta batas petak dalam bentuk extension “.KMZ” atau “.KML” baru dapat dibuka pada HP dengan program KMLZ to gooqle earth, Program GPS google earth berguna untuk menandai posisi kita dalam petak yang sudah dioverlaykan pada foto satelit google earth. Program ini memerlukan fasiltas GPS dan sinyal intemet.
Selain yang gratis, terdapat juga prograrn yang berbayar. Biasanya terdapat beberapa kelebihan daripada yang gratis seperti pada program Geo cam free, pada versi yang berbayar terdapat tampilan foto satelit google earth, sedangkan pada yang gratis hanya foto saja dan tidak dilengkapi dengan overlay pada foto satelit.


SUMBER : http://pusdiklatperhutani.com/pengumuman.detail.php?id=5

0 komentar:

Posting Komentar

 
;