Minggu

Menilai Seorang Rimbawan

9 Nilai Dasar Rimbawan
Mampukah kita melaksanakan Sembilan nilai dasar rimbawan ;

     Sebenarnya ini adalah falsafah yang sangat agung bagi seluruh umat manusia dimuka bumi. Alangkah jaya nya Indonesia jika seluruh elemen bangsa mampu menerapkan nilai-nilai dasar bagi pembangunan bangsa. Saya sebagai rimbawan merasa berat sekali untuk menjalankannya. tapi mudah-mudahan dengan niat yang tulus kita para rimbawan mampu untuk menerapkan di tempat kerja kita. sehubungan dengan penerapan 9 nilai dasar Rimbawan ini muncul pertanyaan tentang mampukah?…….
.
Jujur ;
Mampukah kita berlaku jujur… jujur didalam setiap apa yang kita kerjakan dalam rangka pelaksanaan pengabdian di lingkungan kerja. jujur tanpa ada iming2 agar dinilai baik oleh atasan. jujur dalam menyikapi setiap permasalahan, jujur walaupun sewaktu-waktu kita akan kehilangan jabatan karena kejujuran itu. jujur walaupun dilingkungan kerja kita nilai kejujuran itu sudah hampir hilang maknanya..
Tanggung Jawab;
Mampukah kita menjalankan tugas dengan rasa tanggungjawab, yang semata-mata karena amanah yang diberikan kepada kita. mampukah kita bekerja tanpa ada pamrih karena keuntungan materi dari melaksanakan pekerjaan itu. adakah rasa bersalah dalam diri, jika kita melalaikan pekerjaan yang diserahkan kepada kita.
Disiplin;
Mampukah kita bernaung dalam wilayah kedisiplinan, dibawah payung hukum. disiplin waktu, disiplin dalam menjalankan aturan. disiplin didalam menjaga kebenaran hakiki. disiplin untuk tidak terombang ambing oleh lingkungan kerja yang mempunyai dampak negatif.
Ikhlas;
Mampukah kita melaksanakan rutinitas pekerjaan dengan ikhlas hanya untuk mencari ridho Allah SWT. mampukah kita ikhlas tanpa mengharapkan keuntungan dari apa yang kita lakukan secara materi. harap kita hanya bagi kemajuan bangsa. ikhlaskah kita jika suatu saat kita akan dicopot dari jabatan. ikhlaskah kita menerima kritik yang membangun dari bawahan kita.
Visioner;
Apakah kita mempunyai visi kedepan untuk membangun diri, terus menggali potensi diri, sehingga mampu menciptakan rencana-rencana demi kemajuan sektor kehutanan. apakah visi kita hanya sebatas menjalankan aktivitas kantor saja. apakah kita punya cita-cita yang ingin kita capai dalam lingkup kegiatan kita.
Adil ;
Mampukah kita berlaku adil dilingkungan kerja kita. mampukah kita berlaku adil dalam mencermati setiap permasalahan. mampukah kita berlaku adil disaat kita menghadapi kondisi yang sulit untuk melakukan keadilan tersebut.mampukah kita berlaku adil jika dihadapkan pada kondisi yang justru tidak menguntungkan kita.
Peduli;
Mampukah kita peduli terhadap lingkungan kita. mampukah kita peduli terhadap masyarakat lain yang memang membutuhkan kepedulian kita. mampukah kita peduli terhadap degradasi hutan kita. mampukah kita peduli melihat kondisi lingkungan kerja yang membutuhkan perhatian kita. mampukah kita menciptakan rasa memiliki terhadap apa yang menjadi milik bersama.
Kerjasama;
Mampukah kita membangun kerjasama di lingkungan kerja, tanpa melihat latar berlakang mitra kerja. yang kita lihat adalah bagaimana kapasitas mitra kita terhadap tugas-tugas yang akan dilaksanakan. mampukah kita bekerjasama tanpa harus dibatasi oleh strata bawahan dan atasan, yang kita lihat hanyalah sinergis dari kerjasama itu.
Profesional;
Mampukah kita mencermati setiap permasalahan yang berkembang secara profesional. mencermati setiap permasalahan dari segala sudut pandang. mampukah kita menyelesaikan masalah tidak hanya “solfing problem” namun lebih jauh adalah “root problem”
Mudah-mudahan kita para rimbawan mampu melaksanakan nilai-nilai dasar ini sebagai amal ibadah kita yang merupakan kalifah untuk menebar rahmat di muka bumi… amin…..

Sumber : http://heterometrus.wordpress.com/2008/04/30/9-nilai-dasar-rimbawan/

0 komentar:

Posting Komentar

 
;